Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 02 November 2011


Pemanfaatan Energi Alternatif
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari

Sekarang ini banyak pemanfaatan energi alternatif yang sangat berguna bagi seluruh makhluk hidup dimuka bumi ini. Yang akan dibicarakan saat ini yaitu pembangkitan energi tenaga matahari, yang dimana salah satu negara sudah memanfaatkan energi matahari tersebut. Hal ini memberi dampak sangatlah positif uantuk membantu keperluan hidup sehari-hari. Pemanfaatan ini tidaklah banyak mengeluarkan biaya karena memanfaatkan energi tenaga surya matahari. Dapat diperoleh secara langsung dan efektif untuk dimanfaatkan.
Kondisi bumi kita kian lama kian mengenaskan karena tercemarnya lingkungan dari efek rumah kaca (greenhouse effect) yang menyebabkan global warming, hujan asam, rusaknya lapisan ozon hingga hilangnya hutan tropis. Semua jenis polusi itu rata-rata akibat dari penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, uranium, plutonium, batu bara dan lainnya yang tiada hentinya. Padahal kita tahu bahwa bahan bakar dari fosil tidak dapat diperbaharui, tidak seperti bahan bakar non-fosil.
Banyak sumber yang menyatakan energi matahari banyak dimanfaatkan untuk semua aktifitas makhluk hidup dimuka bumi ini. Beberapa topik yang disajikan bersumber dari data-data web side yang dibahas secara singkat, berisi, jelas dan menarik. Untuk itu sangatlah bermanfaat bagi seluruh para pembacanya.

Sel surya atau sel photovoltaic, adalah sebuah alat semikonduktor yang terdiri dari sebuah wilayah-besar dioda p-n junction, di mana, dalam hadirnya cahaya matahari  mampu menciptakan energi listrik yang berguna. Pengubahan ini disebut efek photovoltaic. Bidang riset berhubungan dengan sel surya dikenal sebagai photovoltaics.
Sel surya memiliki banyak aplikasi. Mereka terutama cocok untuk digunakan bila tenaga listrik dari   grid tidak tersedia, seperti di wilayah terpencil, satelit pengorbit bumi, kalkulator  genggam, pompa air, dll. Sel surya (dalam bentuk modul atau panel surya) dapat dipasang di atap gedung di mana mereka berhubungan dengan   invester ke grid listrik dalam sebuah pengaturan net metering. 

Tenaga listrik yang dimanfaatkan dari sumber tenaga panas matahari yang banyak dikembangkan disuluruh belahan dunia. Banyak yang berpikir secara kreatif untuk memanfaatkannya. Salah satu yang memanfaatkannya yaitu dinegara Jerman. Yang paling terbesar penggunaanya yaitu Olmedilla dan Spanyol. 


Jerman seremonial ditempatkan panel surya ke 560.000 th frame di pembangkit listrik Lieberose surya pada 20 Agustus. panel tunggal, 53 MW Lieberose telah menjadi terbesar kedua pembangkit listrik surya di dunia (yang terbesar adalah 60 MW pembangkit di Olmedilla, Spanyol ).
lingkungan bisnis, First Solar dan pasangan itu dalam usaha itu, Juwi Holding AG, berhasil menjaga proyek di trek. Fasilitas surya harus mulai menghasilkan listrik akhir tahun ini, ketika semua 700.000 panel berada di tempat.



Perusahaan memperkirakan bahwa tanaman akan menghasilkan listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dari beberapa 15.000 rumah tangga, sekaligus mengurangi jumlah CO2 yang dihasilkan oleh 35.000 ton per tahun. Selain itu, proyek ini dibangun di atas pangkalan militer Rusia di darat mantan penuh dengan amunisi hidup dan limbah kimia. Para mitra surya yang digunakan detektor logam untuk menyapu daerah itu dan kembali ratusan kerang, seperti pada gambar inset di atas.

Kaca-kaca besar mengkonsetrasikan cahaya matahari ke satu garis atau titik. Panas yang dihasilkan digunakan untuk menghasilkan uap panas. Tekanan uap panas yang tinggi digunakan untuk menjalankan turbin yang menghasilkan listrik. Di wilayah yang disinari matahari, Pembangkit Listrik Tenaga matahari dapat menjamin pembagian besar produksi listrik. Berdasarkan proyeksi dari tingkat arus hanya 354MW, pada tahun 2015 kapasitas total pemasangan pembangkit tenaga panas matahari akan melampaui 5000 MW. Pada tahun 2020, tambahan kapasitas akan naik pada tingkat sampai 4500 MW setiap tahunnya dan total pemasangan kapasitas tenaga panas matahari di seluruh dunia dapat mencapai hampir 30.000 MW- cukup untuk memberikan daya untuk 30 juta rumah.


Manfaat:
Tidak memerlukan bahan bakar minyak (BBM), hanya menggunakan sinar matahari yang gratis, sehingga dapat dimanfaatkan didaerah terpencil.Dipasang secara individual (satu rumah satu system) sehingga jika rumah berjauhan sekalipun tidak memerlukan jaringan kabel distribusi, dan gangguan pada satu system tidak mengganggu system lainnya.

Energi matahari membuat dirinya tersedia dalam berbagai jenis bentuk tidak langsung seperti halnya dalam bentuk cahaya yang menerpa permukaan bumi. Bentuk – bentuk ini termasuk energi kimia yang disimpan melalui fotosintesi tanaman; eneri siklus hidrologi; eneri angin, ombak, dan arus pantai; dan energi yang diwakili oleh perbedaan temperature antara air laut dalam dan dangkal (penurunan thermal laut)  
Tidak ada cara menyediakan energy secara sempurna bebas dari pertanggung jawaban lingkungan, tetapi tingkat kebebasan dari mereka tentunya menjadi kriteria penting dalam pilihan masyarakat diantara sumber – sumber energi alternatif.
Tentunya, inti dilemma energi dalam jangka panjang adalah peran ganda energi dalam ekonomi dan lingkungan; penggunaan energi adalah keduanya sebuah unsur pokok mahluk hidup, sebagaimana halnya pergerakan utama masyarakat industri, dan perlakuan utama terhadap mahluk hidup, melalui penurunan layanan lingkungan yang masyarakat industri tidak dapat menggantinya

Penulis:
Okta Ermayanti (55211446)
Devi Kurniasih  (51211931)
Kelas IDFO1

Refensi:







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar